FBB
KEB

IHB

Berkabar

berkabar
ilustrasi surat zaman dulu (foto : kompas.com)

Blog, salah satu sarana penting bukan hanya buat berbagi ilmu, juga sara berkabar.Apapun jenis kabarnya :)

Makanya tuh ketika salah satu blogger menghilang di komunitas kami, ada rasa kebingungan. Apalagi blognya terlihat tak aktif, WA juga katanya tak aktif lagi. Bahkan sampai ada yang kepikiran : apakah beliau memang sudah tak ada di dunia lagi?

Sedemikian pentingnya kabar wlau sederhana lewat update an blog misalnya.

Suatu hari, seorang teman mengabarkan tentang orang tuanya yang sudah tiada. Dulunya kami semua teman baik selama kuliah tapi kemudian banyak lost contact nya walaupun masih satu grup "eksklusif". Wah andai dia tak mengabarkan, tentu kami juga tak bakal tahu lagi tentang apapun, apalagi cerita tentang orang tuanya tersebut.

Seberapa penting berkabar?

Buat sebagian orang barangkali tidak penting. Hahaha, memangnya elo siapa, mengapa harus gw kabarin?

Atau : mengapa gw harus dikabarin pula? tidak ada penting-pentingnya sama sekali.

Ada benarnya. Berkabar ternyata ada hubungan juga dengan kedekatan seseorang dengan orang lainnya. Seberapa ada kedekatan itu.

Buat aku sendiri, berkabar, jujur hal yang penting. berkabar tentang sesuatu. Walau hanya dengan beberapa orang dan aku anggap memiliki hubungan kedekatan. Walau hanya kabar singkat via WA atau DM IG barangkali.

Walau keadaan orang berbeda-beda. Ada yang sibuk ngajar, ada yang sibuk masak, ada yang sibuk apalagi hahaha. Menjawab seperlunya pun tak apalah. 

Seberapa penting berkabar? berkabar memang terlihat sepele kan sekilas, namun sebenarnya itu merupakan pondasi dasar dalam membangun sebuah hubungan. baik hubungan dengan pasangan, hubungan pertemanan atau bahkan mungkin hubungan dalam lingkup pekerjaan.

Berkabar paling tidak memiliki beberapa hal penting berikut, off course, its just my opinion..

* Menandakan bahwa kalian diingat

Bukti lagi berkabar bukan hal sepele tapi menandakan kalian diingat oleh yang memberi kabar dan barangkali juga dianggap penting.

* Menjaga komunikasi

Komunikasi pada dasarnya adalah hubungan dua arah.Namun bila hanya satu arah itu memang bisa dikatakan sesuatu yang timpang. Namun berkabar sebenarnya adalah upaya menjaga komunikasi, yang tentu bisa sewaktu-waktu terputus apalagi dalam hubungan pertemanan.

* Membangun kepercayaan    

Kepercayaan bukan hal yang terwujud dalam satu dua hari. Kadang butuh waktu agak panjang agar kepercayaan tersebut terwujud. Memberi kabar bisa berarti juga kita peduli dan dapat diandalkan.

Jadi apa makna berkabar menurut kalian? seberapa penting berkabar?


Surabaya, 22-10-2024  

Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin