FBB
KEB

IHB

Senastika 2024 : Peran Rekayasa dan Inovasi Ilmu Tekhnik dalam Menjaga Keseimbangan Industri Berkelanjutan

Senastika 2024

Perkembangan industri yang sangat pesat ternyata juga membawa dampak yang tidak sedikit bagi lingkungan dan masyarakat. Rekayasa dan inovasi ilmu teknik berperan penting dalam menjaga keseimbangan industri berkelanjutan dan menghadapi berbagai tantangan dan peluang di masa depan.

Kemajuan pesat dunia saat ini mungkin tak pernah dibayangkan oleh generasi-generasi sebelum kita. Sayangnya, dibalik berbagai kemajuan tersebut, muncul berbagai permasalahan lingkungan.

Sebut saja perubahan iklim, polusi termasuk berbagai kasus degradasi sumber daya alam.

Industri seperti dihadapkan pada dua sisi mata uang. Namun, harus disadari, industri, sebagai penggerak aktivitas ekonomi dunia harus tetap bertanggungjawab dalam mengatasi berbagai permasalahan ini.

Peran Rekayasa dalam Industri Berkelanjutan

Rekayasa dan inovasi ilmu tekhnik berperan penting dalam ikut menjaga keseimbangan industri berkelanjutan.

Peran rekayasa dan inovasi ilmu tekhnik antara lain dalam :

  • Pengembangan Teknologi Ramah Lingkungan. Ilmu tekhnik berperan dalam merancang dan mengembangkan teknologi produksi yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Termasuk di dalamnya penggunaan energi terbarukan, pengelolaan limbah yang efektif dan meminimalkan emisi gas rumah kaca.
  • Optimasi Proses Produksi. Salah satunya melalui analisis data dan simulasi sehingga dapat mengoptimalkan proses produksi untuk mengurangi konsumsi energi, bahan baku, dan limbah.
  • Desain Produk Berkelanjutan. Antara lain dengan terciptanya produk yang mudah didaur ulang, diperbaiki, atau diurai secara biologis, sehingga meminimalkan dampak lingkungan pada akhir masa pakai produk.
  • Infrastruktur Berkelanjutan. Dengan cara membangun infrastruktur yang tahan terhadap perubahan iklim, seperti sistem drainase yang efektif, bangunan hijau, dan transportasi massal.

Inovasi Ilmu Teknik sebagai Penggerak Perubahan

Inovasi ilmu teknik merupakan kunci untuk mencapai industri yang lebih berkelanjutan.

Penerapan kecerdasan buatan dalam industri memungkinkan pemantauan dan kontrol proses produksi secara real-time, sehingga dapat dilakukan optimasi yang lebih efektif.

Teknologi internet of Things (IoT) yang memungkinkan interkoneksi berbagai perangkat dan sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi limbah.


senastika Banjarmasin
Ilustrasi rekayasa industri (foto : medcom.id)

Kemudian pengembangan bahan-bahan baru yang lebih kuat, tahan lama, dan ramah lingkungan membuka peluang untuk menciptakan produk yang lebih berkelanjutan.

Selanjutnya ada bioteknologi yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan bakar nabati, bahan kimia ramah lingkungan dan produk-produk pertanian yang lebih tahan terhadap perubahan iklim.

Bagaimana tantangan dan peluang di masa depan?

Peluang besar yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong perkembangan industri berkelanjutan.

Meningkatnya kesadaran konsumen terhadap isu lingkungan mendorong pertumbuhan pasar produk berkelanjutan. Kemudian dengan kolaborasi antara berbagai disiplin ilmu, seperti teknik, ilmu lingkungan, dan ekonomi, akan menghasilkan solusi yang lebih komprehensif.

Terakhir, pemberdayaan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang relevan sangat penting untuk mendukung inovasi keseimbangan industri berkelanjutan

HADIRILAH  SENASTIKA 2024

Hadirilah Senastika 2024 , Seminar Nasional Tekhnik 2024, Fakultas Tekhnik Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, dengan tema  Peran rekayasa dan inovasi ilmu tekhnik dalam menjaga keseimbangan industri berkelanjutan.

Subtema : desain manufaktur,  mekanika bahan, energi terbarukan, konversi energi, rekayasa otomotif,  quality control,elektronika, instrumen&kontrol, biomedika, sistem power, K3 dan ergonomi, mekanikal opto eletronika, transportasi dan infrastruktur jalan, pengembangan sumber daya air, manajemen konstruksi,  dan lingkungan.

Ada tiga narasumber dalam Senastika ini yaitu :

·         * Dr.Ir.H Agus Wiramsya Oscar ST MT CPI IPU

·         * Dr Wawan Aries Widodo ST MT IPM. Asean Eng

·         * Prof Ir H Pratikso MST Phd

Senastika akan dilaksanakan pada 26 oktober 2024 di  Fakultas Tekhnik Uniska MAB

Pendaftaran dapat dilakukan melalui link https://encr.pw/daftarsenastika2024

Bank BNI a/n Hendra Cahyadi nomer rekening  65833460

Kontak person  yang dapat dihubungi untuk mengikuti Senastika 2024 yaitu : 

·        *  Jainal Arifin  ST. MT (08135468808)

·         * Ir Abdurrahman MT ( 082149704769)

·         * Ayu Novia Lisdawati S Si. M.Si (0895364557839)

·         * Yassyir Maulana ST MT (087749596996)

Semoga bermanfaat.

9 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. kalau waktu kuliah pasti ikutan sih kalau ada acara kayak begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mas Rezky.lumayan nambah ilmu, relasi dan sertifikat ya hehe.thank you

      Hapus
  2. Salah satu seminar yang menurutku menarik terutama bagi generasi muda agar bisa memanfaatkan teknologi yg berkesinambungan dengan keselarasan lingkungan hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak eryka, menarik bgt ini.ayok ikutan yuks hehe.tks ya

      Hapus
  3. Pas kuliah aku rajin banget ikut acara beginian, secara kan memang anak teknik. Sekarang sih padahak masih excited cuma ya malu, ini mahasiswa mana, hahahaha. Sukses acaranya ya biar bisa jadi agenda rutin uniska

    BalasHapus
  4. Pas kuliah aku rajin banget ikut acara beginian, secara kan memang anak teknik. Sekarang sih padahak masih excited cuma ya malu, ini mahasiswa mana, hahahaha. Sukses acaranya ya biar bisa jadi agenda rutin uniska

    BalasHapus
  5. wah ini agenda yang sayang banget dilewatkan terutama buat mahasiswa dan mereka yang berkecimpung di dunia teknik

    BalasHapus
  6. Internet of things ini sih terasa banget mudahnya aku bisa akses file dari perangkat mana saja. Nggak perlu ribet bawa banyak item. Bagus ini acaranya untuk memperkaya pengetahuan

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin