FBB
KEB

IHB

Manfaat Sinking Fund dalam Perencanaan Keuangan

investasi online
sumber foto : https://agamaislam.umm.ac.id/id/berita/beredar-tawaran-investasi-online-menggiurkan-ini-pendapat-pakar-ekonomi-syariah-umm.html

Sinking fund aadalah perumpamaan yang sering dikaitkan dengan rekening tabungan, tapi ternyata sinking fund adalah strategi keuangan khusus yang memiliki tujuan dan pendekatan berbeda dengan menabung. Sinking fund biasanya digunakan untuk merencanakan pengeluaran jangka panjang dalam jumlah yang besar. Tidak sedikit yang masih menganggap sinking sebagai dana darurat, padahal dua hal ini berbeda fungsi.

Tidak seperti tabungan atau dana darurat pada umumnya yang bisa digunakan sewaktu-waktu, sinking fund memiliki fungsi untuk merencanakan keuangan jangka panjang. Biasanya sinking fund memiliki tujuan yang lebih spesifik untuk satu hal, seperti untuk pembelian properti dan biaya pendidikan. Sinking fund sangat mudah dilakukan pada investasi offline maupun investasi online.

Memahami tentang Sinking Fund

Agar lebih mudah merencanakan keuangan dengan sinking fund, maka kamu harus paham dulu tentang apa itu sinking fund? Sinking fund adalah metode menyisihkan dana dalam jangka panjang dan relatif berjumlah besar untuk memenuhi kebutuhan di masa depan sesuai apa yang sudah direncanakan. Misalnya kamu merencanakan dana pendidikan, dana properti bahkan dana untuk membeli mobil baru.

Contoh sinking fund misalnya, kamu ingin menyiapkan uang pendidikan anak sampai dengan kuliah S1, maka kamu bisa menyisihkan beberapa % dari pendapatan per bulan untuk dialokasikan sebagai sinking fund. Dana pendidikan anak yang kamu butuhkan akan terkumpul sesuai rencana dengan sinking fund.

Fungsi dan Manfaat Sinking Fund

Sinking fund sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh masyarakat dalam menyiapkan dana khusus untuk kepentingan di masa depan dengan investasi jangka panjang. Fungsi sinking fund memang berbeda dengan tabungan biasa, sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kamu. Berikut ini beberapa manfaat sinking fund jika kamu lakukan:

1.    Merencanakan Pengeluaran Besar

Salah satu manfaat sinking fund adalah untuk menyiapkan pengeluaran yang besar di masa depan. Misalnya saat membeli rumah, mobil, menyekolahkan anak ini akan membutuhkan biaya yang lumayan besar, jadi kamu bisa mengumpulkan secara bertahap dengan sinking fund.

2.    Lebih Mudah Menyimpan Uang

Dengan sinking fund akan memudahkan untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk keperluan spesifik dan detail. Dengan menyiapkan sinking fund, kamu bisa merencanakan dengan pasti kapan uang akan terkumpul.

3.    Mencegah Pemakaian Tabungan

Memiliki sinking fund juga dapat mencegah kamu menggunakan tabungan untuk keperluan yang lain. Dengan menyiapkan dana khusus untuk mewujudkan keinginanmu di masa depan maka saldo tabunganmu tidak akan berkurang.

4.   Lebih Siap Menghadapi Pengeluaran

Dengan memiliki sinking fund maka kamu akan lebih siap menghadapi pengeluaran dalam jumlah besar sekali pun. Misalnya kamu butuh laptop untuk bekerja, maka kamu akan siap membelinya karena sudah kamu siapkan dana khusus untuk itu.

5.   Mencegah Utang

Jika memiliki sinking fund maka kamu tidak perlu berhutang untuk membeli sesuatu. Dengan adanya simpanan yang cukup, kamu tidak perlu meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan tertentu.

Perbedaan Sinking Fund dan Dana Darurat

Meskipun metode sinking fund sudah banyak dilakukan masyarakat, tetapi beberapa orang masih saja sulit membedakan sinking fund dengan dana darurat. Lalu sebenarnya perbedaannya seperti apa? Meskipun sama-sama menyimpan uang, namun dana darurat biasanya tidak memiliki tujuan yang jelas di awal.

Dana darurat umumnya digunakan ketika tiba-tiba ada keperluan mendesak atau darurat yang tidak direncanakan. Sedangkan sinking fund adalah dana yang dikumpulkan dalam jangka waktu yang lama dan sudah memiliki tujuan dari awal. Keduanya penting kamu siapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Menyiapkan dana darurat dan sinking fund bisa kamu lakukan dengan investasi jangka panjang.

Cara Menyiapkan Sinking Fund
 


investasi jangka panjang
sumber foto : https://www.dbs.id/id/treasures-id/articles/5-keuntungan-investasi-jangka-panjang-di-reksadana


Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan sinking fund. Berbagai instrumen investasi bisa kamu pilih untuk menyiapkan sinking fund, baik investasi online ataupun offline. Agar lebih jelas kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini untuk menyiapkan sinking fund:

1.      Menentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan. Kamu harus memastikan tujuan apa yang ingin dicapai setelah uang terkumpul.

2.      Menentukan Target yang Harus Disimpan

Setelah memiliki tujuan yang ingin dicapai kamu bisa mulai menyiapkan sinking fund sesuai target yang ingin dicapai. Hitung dengan benar target waktu dan target jumlahnya sehingga tau berapa rupiah yang harus disisihkan untuk mencapainya.

3.      Pastikan Sinking Fund Sesuai Budget

Sinking fund juga harus sesuai budget tidak boleh memberatkan keuanganmu. Jadi pastikan uang yang kamu sisihkan untuk sinking fund sesuai budget.

4.      Menentukan Tempat Menyimpan Uang

Terakhir, kamu harus menetapkan tempat untuk menyimpan uangmu. Kamu bisa simpan uang sinking fund pada instrumen investasi yang tepat, sinking fund untuk kebutuhan jangka panjang maka investasi jangka panjang adalah pilihan yang tepat.

Merencanakan keuangan dengan baik dan memiliki sinking fund akan memudahkan kamu menggapai cita-cita di masa depan. Tidak ada yang instan, semua keinginan bisa diwujudkan hanya dengan perencanaan keuangan yang baik. Salah satu cara merencanakan keuangan untuk keinginan di masa depan adalah dengan sinking fund.

Kamu bisa melakukan sinking fund lebih mudah dengan berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS. Sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk investasi online dengan lebih mudah. Bersama Aplikasi digibank by DBS kamu bisa mengakses prakiraan makroekonomi dari para ahli dan rekomendasi investasi dari tim kelas dunia yang personalisasi khusus untukmu.

Setidaknya ada lebih dari 150 produk investasi yang telah dikurasi oleh Infovesta untuk menavigasi masa depan yang kamu inginkan. Aplikasi digibank by DBS juga memungkinkan kamu melakukan investasi jangka pendek maupun panjang secara strategis bahkan di tengah fluktuasi bunga. Download aplikasi investasi online terbaik ini hanya di sini.

Semoga bermanfaat.

 

8 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Baru pertama kali tahu tentang sinking fund Mbak, thank you. Ternyata saya sudah berhasil menjalankan satu sinking fund untuk beli barang impian, ehehehe. IMO, yang susah itu komitmen agar sinking fund-nya ga dipake buat keinginan yang lain sih Mbak, huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap juga Ira dah ada sinking fund hehhehe...iya kadang susah komitmen.makasih ya

      Hapus
  2. aku sepertinya baru tau tentang sinking fund lewat artikel ini, pertama aku pikir juga mirip dengan dana darurat tapi ternyata berbeda ya karena peruntukannya juga berbeda..Digibank by DBS bisa membantu kita untuk menyiapka sinking fund

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ka eryka, Digibank by Dbs akan membantu untuk keperluan ini

      Hapus
  3. Baru tahu tentang sinking fund, tapi bener sih punya sinking fund itu penting. Apalagi untuk dana pendidikan. Pas banget juga lagi nyari instrumen keuangan yang cocok untuk menyimpan dana pendidikan anak.. cuss kepoin aplikasi digibank by DBS ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah betul,buat pendidikan anak hrs dipersiapkan sedini mungkin

      Hapus
  4. alhamdulillah sekarang aku sudah punya 2 rekening untuk tabungan dan sinking fund ini. cuma masih belum konsisten menyisihkan uang untuk investasinya padahal di masa depan perlu banget investasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillah..tinggal konsistensi aja yak,semoga

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin