FBB
KEB

IHB

Fakta Menarik IoT Tracking Container bagi Bisnis Forwarding

 

bisnis kontainer
Ilustrasi bisnis forwarding (foto: cnbc indonesia)

Bisnis forwarding di Indonesia merupakan salah satu sektor penting dalam industri logistik dan perdagangan. Antares Tracking dari Indibiz Ekspedisi memberikan solusi Internet of Things (IoT) yang memudahkan proses pelacakan distribusi barang, dan mampu memantau pergerakan armada atau aset dari jarak jauh.

Siapa yang belum paham soal bisnis forwarding? Bisnis ini bisa dikatakan salah satu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Beberapa faktor yang menjadi pemantik perkembangan bisnisnya adalah pertumbuhan ekonomi nasional yang membaik, konektivitas maritim, seperti adanya pelabuhan baru yang semakin baik, volume perdagangan internasional hingga berkembangnya industri e-commerce yang sangat pesat.

Tentu kita berbangga dengan perkembangan bisnis forwarding yang semakin positif ini. Apalagi bisnis ini merupakan wadah vital untuk mengangkut barang-barang secara efisien dan aman, baik domestik maupun internasional.

Namun jangan salah, meskipun banyak yang menyebut bisnis kontainer memiliki peluang usaha yang bagus dan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, bisnis ini juga mengalami tantangan yang tak sedikit dalam beberapa tahun belakangan.

Salah satu yang sangat dirasakan pelaku di bisnis ini adalah Infrastruktur pelabuhan indonesia yang memang masih sangat terbatas: Apalagi kalau sudah berbicara kondisi di daerah. Lonjakan volume kontainer, misalnya, masih belum tertampung.

Tantangan lain adalah soal biaya logistik yang tinggi. Di Indonesia, biaya logistik tergolong tinggi bila dibandingkan negara-negara Asia Tenggara, misalnya.Tentu ini menjadi tantangan bagaimana membuat biaya logistik paling tidak setara dengan negara tetangga.

Faktor lain adalah soal sumber daya manusia (SDM) Tenaga kerja terampil masih sangat terbatas. SDM logistik yang terbatas bisa menghambat kelancaran operasional bisnis kontainer.Tantangan lain soal persaingan. Persaingan ketat antar operator terminal peti kemas bisa saja menekan margin keuntungan.

Mengenal IoT Tracking Container Indibiz

Telkom Indonesia, sebagai digital backbone Indonesia terus berinovasi memberikan solusi bagi industri khususnya solusi bagi para pelaku bisnis di Indonesia. Salah satunya melalui Indibiz.

Indibiz, unit usaha dari Telkom, fokus untuk mendukung pertumbuhan bisnis, dengan menyediakan berbagai solusi digital, termasuk yang dibutuhkan di industri transportasi, logistik dan shipping.

Dari sekian banyak sektor yang digarap, Telkom mempersembahkan Indibiz Ekspedisi. Melalui Indibiz Ekspedisi pelaku bisnis di daerah bisa memanfaatkan digital Internet of Things (IoT) Antares Track & Trace (Antares Tracking).

Solusi digital Antares Tracking dari Indibiz Ekspedisi mampu mengelola dan mengawasi armada kendaraan atau aset perusahaan secara efektif.

Secara umum, IoT Tracking Container memang merupakan layanan yang memungkinkan para pelanggan untuk melacak keberadaan kontainer mereka secara real-time melalui platform online. Namun, setidaknya ada 4 (empat) manfaat yang didapat pelaku bisnis, diantaranya:

Pertama, meningkatkan transparansi dan visibilitas. Intinya, pelanggan dengan mudah akan melihat keberadaan kontainer secara real-time, sehingga kedepannya mudah dalam melakukan perencanaan ataupun pengelolaan rantai pasokan mereka.

Kedua, efisiensi yang meningkat. IoT Tracking Container akan membantu dalam  soal efisiensi waktu karena memang lokasi kontainer sudah bisa diprediksi. Perusahaan juga lebih efisien mengelola armada truk dan menyelesaikan pengiriman.

Ketiga, risiko. Bagaimana soal risiko? Tentu saja keberadaan IoT Tracking Container akan mengurangi risiko perusahaan. Khususnya risiko kehilangan atau malah kerusakan barang selama transit.

Keempat, kepuasaan pelanggan meningkat. Karena memang dapat melacak pengiriman dan akan ada pemberitahuan soal status pengirimannya. Yang ujung membuat mereka lebih puas dengan layanan yang diberikan.

IoT Tracking Container menggunakan teknologi yang mengandalkan sensor dan internet untuk melacak keberadaan kontainer. Cara kerjanya antara lain melalui sensor-sensor yang dipasang di dalam kontainer dan akan mengirimkan data secara real-time ke platform online.

Nah, data inilah yang kemudian dapat diakses oleh para pelanggan untuk melihat lokasi kontainer mereka, status pengiriman dan tentu saja berbagai informasi penting lainnya.

Salah satu pelanggan Indibiz Ekpedisi yang merasakan manfaat dari Antares Tracking adalah  PT Tanto Intim Line (Intim). Perusahaan ekspedisi pelayaran (forwarding) yang juga memiliki lebih dari 50 kapal peti kemas, telah menjalin kerjasama dengan Telkom. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Telkom Landmark Tower, Jakarta pada awal Agustus 2023.

tanto intim line
Bisnis PT Tanto Intim Line (Intim)

Intim memang berkeinginan meningkatkan keamanan pengiriman barang melalui IoT tracking container yang disediakan sebagai value added untuk pelanggan mereka. Dilengkapi dengan GPS tracker, fitur bluetooth gateway dan dashboard yang bisa dipantau dengan mudah dan akurat, bisnis yang dijalankan Intim semakin maju dan berkelanjutan.

Fungsi Penggunaan IoT Tracking Container

PT Tanto Intim Line kerap menghadapi kendala seperti blank spot signal sehingga potensi kehilangan muatan cukup besar yang disebabkan oleh sistem pelacakan kurang kompeten. Potensi kehilangan muatan ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap penurunan kepercayaan konsumen kepada perusahaan

Menggunakan IoT Tracking Container cukup mudah. Pelanggan hanya perlu mendaftar ke layanan Indibiz Ekspedisi dan memasang sensor IoT di kontainer mereka. Setelah itu, mereka dapat mengakses platform online untuk melacak kontainer mereka.


indibiz
Indibiz mendukung pertumbuhan bisnis


Kedepannya, Indibiz Ekspedisi melalui IoT Tracking Container tentu berkomitmen untuk terus berinovasi, memberikan solusi bisnis dan memberikan layanan terbaik kepada para pelanggannya, untuk memastikan kargo kontainer berada pada jalur yang tepat. Semua proses perpindahan tersebut harus dimonitor secara real time, akurat dan presisi mulai dari dalam area depot hingga berpindah ke luar depot.

Semoga bermanfaat.

 

10 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Bisnis forwarding memang jadi tulang punggung logistik di Indonesia. Salut buat Telkom Indonesia dan Indibiz yang terus berinovasi demi mendukung industri logistik kita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Telkom melalu Indibiz nya membuat IoT Tracking Container gt, jadi container ada dimana bisa dilacak secara online hehe.makasih ya

      Hapus
  2. Saya jadi teringat dengan banyaknya tumpukan petikemas yang ada di pelabuhan.. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bt ya kak Ren...peti kemas selalu identik sama pelabuhan hehe

      Hapus
  3. wahhhh keren yaaa sekarang jadi bisa melacak keberadaan kontainer melalui iot tracking semacam tracking paket gt ya klo di masyarakat umum :)

    BalasHapus
  4. Inovasi tiada henti ya, biar bisa menjawab tantangan perubahan jaman.. keren sih Indibiz yang menggunakan IoT Tracking untuk mempermudah bisnis forwarding di Indonesia

    BalasHapus
  5. Wah, Indiboz ini bagian dari Telkom Indonesia juga ya mbak? Keren sih menurutku sampai merambah dunia logistik melalui bidang ekspedisi. Ga terpikirkan sebelumnya ya namun justru ini masuk inovasi yang bagus sih

    BalasHapus
  6. Mantap banget ya, jadi gak ada lagi cerita kapal melenceng jalur atau ilang yg gak ketahuan gitu. Bahkan di perjalanan juga terlacak kapan datangnya gitu ya? Keren bgt

    BalasHapus
  7. Keren banget sih Indibiz Ekspedisi melalui IoT Tracking Container ini inovasinya. Semakin membuat bisnis forwarding di indonesia makin berkembang nih.

    BalasHapus
  8. telkom sekarang semakin melebarkan sayap ya bukan cuma bergerak di bidang komunikasi namun juga menyasar bidang lain termasuk logistik ini lewat IoT nya

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin