FBB
KEB

IHB

5 Cara "Berteman" dengan Masalah Kehidupan

masalah hidup
Masalah hidup akan terus ada (foto : merdeka.com)

Masalah akan selalu ada dalam kehidupan manusia. Entah berat entah ringan, jalani saja.

Bulan pertengahan di 2024. Juni menyapa kita semua. Ada nggak manusia yang baik-baik saja selama 6 bulan pertama di 2024? Aku sih nggak terlalu yakin. Kalaupun ada yang tanpa masalah, mungkin mereka orang-orang pilihan.Sangat hebat sehingga sampai Tuhan pun enggan memberi masalah pada mereka.

Atau bisa jadi, mereka orang-orang yang pintar menyembunykan masalah mereka. Banyak makhluk-makhluk Tuhan yang seperti ini. Mereka nggak gampang sambat apalagi sampai frustasi.

Mereka memendam masalahnya sendiri atau barangkali hanya diceritakan ke orang-oranng yang mereka pilih saja. Kalau kamu tak pernah mendengar kisahnya, ya bisa jadi kamu nggak dianggapnya teman apalagi keluarga hehe. Simpelnya demikian. Yang pasti ada tipe orang segitu hebatnya memendam masalahnya.

Masalah sebenarnya hal yang lumrah saja. Kalau disebut dalam judul diatas sebagai " teman", ya memang benar adanya. Akan selalu hadir bahkan mungkin tanpa diperkirakan.

Ada yang masalahnya besar, ada yang masalahnya kecil.

Katanya sih "Tuhan akan menguji seseorang sesuai dengan kesanggupan seseorang terhadap masalah tersebut" 

CARA BERTEMAN DENGAN MASALAH KEHIDUPAN

Masalah terkadang datang tanpa kita duga-duga. Ada yang membuat kita sampai menangis saking sedihnya namun ada juga yang bisa kita selesaikan dengan cepat dan mudah.

Datang bergantian, itu masalah kehidupan. Namun ada cara yang bisa dicoba agar kita lebih tenang menghadapi masalah, berat ataupun ringan masalah tersebut.

1. Penerimaan terhadap masalah
Ini menurut saya sih hal basic banget.Ketika ada masalah yang pertama harus dilakukan adalah penerimaan dulu terhadap masalah tersebut. Memang tak mudah dan kadang ada pertanyaan, mengapa Tuhan menimpakan masalah tersebut kepada kita. Namun dengan penerimaan kuat, inshaAllah setengah masalah akan selesai.

2. Berdamai dengan diri sendiri
Langkah selanjutnya adalah mencoba berdamai dengan diri sendiri. Ini juga tak mudah tapi akan bisa setelah mampu menerima kemudian mendamaikan diri dan meyakinkan diri akan ada solusinya, seberat apapun masalahnya.

3. Curhat ke orang yang tepat
Curhat menurut saya sih oke. Tapi kalau bisa jangan mengeluh di medsos, medsos terlalu luas, apalagi yang mayan banyak followernya. Curhatlah kepada orang yang tepat. Pasangan, sahabat, teman baik dan orang terdekat saja. Minimal bisa melegakan dan meringankan beban.

4. Curhat ke Allah
Ini paling oke diantara semua jenis curhat.Dia yang memberi masalah, inshaAllah dia pula yang akan menyelesaikan segala permasalahan kehidupan, jangan pernah takut. Mengeluh pada Allah, khususnya di sepertiga malam, hal ternikmat tentunya.

5. Ikhlas dan pelajari solusi apa yang tepat
Akhirnya apa? menjalani dengan ikhlasm ridho dan menerima takdir baik buruk dariNya akan menjadi kunci selesainya sebuah masalah/ Selesaikan satu per satu, dan pelajari dimana kunci menyelesaikan semuanya.

Semoga bermanfaat.  



2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. semua masalah ada solusinya
    tinggal cara kita menghadapi masalah itu
    kadang masalah yang sudah terjadi dan tidak bisa dikembalikan
    ya harus dijalani dengan ikhlas aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar ka Rezky, tergantung cara menghadapi dan memandang masalah aja memang.Terima kasih ya

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin